5 Bangunan Seni Instalasi di Sleman Diresmikan

  • Whatsapp
dok. Humas Pemkab Sleman
dok. Humas Pemkab Sleman

seputarjogja.id, Sleman – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan lima bangunan seni instalasi. Kelima bangunan seni instalasi itu berada di Desa Wisata Dukuh Pandowoharjo Kapanewon Sleman, Desa Wisata Plosokuning Bangunkerto Kapanewon Turi, Dusun Tegal Loegood Girikerto Kapanewon Turi, Dusun Terwilen Margodadi Kapanewon Seyegan dan Dusun Sempu Wedomartani Kapanewon Ngemplak.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono mengatakan pembangunan bangunan seni instalasi tersebut berasal dari Dana Keistimewaan (Danais) DIY sebesar Rp 1,2 miliar. Kegiatan yang diamanahkan dari danais ini mempunyai dua output, yang pertama yaitu delapan atraksi seni event khusus.

Bacaan Lainnya

Seni event khusus sampai saat ini sudah dilaksanakan sebanyak empat kali. Pada bulan Oktober ini akan dilaksanakan dua event khusus yaitu dalam satu pertunjukan pada Event Sleman Creative Week dan satu pertunjukan Bedog Art Festival. Dua lagi akan diselenggarakan untuk mendukung event Ngayogjazz pada bulan November mendatang di Desa Wisata Karang Tanjung, Kalurahan Pandowoharjo, Sleman.

”Output yang kedua adalah pemasangan Seni Instalasi pada 5 Desa dengan biaya masing-masing kegiatan pemasangan instalasi seni rata-rata sebesar Rp 164 juta,” ujarnya, dalam siaran pers Humas Pemkab Sleman, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Sandiaga Kunjungi Nglanggeran, Pompa Semangat Wisata Indonesia Bangkit

Suparmono menambahkan dua output dari kegiatan pengembangan kearifan lokal dan potensi budaya yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Sleman bertujuan untuk menguatkan destinasi pariwisata Kabupaten Sleman baik melalui sub sektor ekonomi kreatif melalui event dan juga mengekpos keunikan desa wisata sesuai potensi dana kearifan lokal yang dimiliki.

dok. Humas Pemkab Sleman
dok. Humas Pemkab Sleman

Sementara itu Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan peresmian ini menjadi bentuk wujud nyata upaya Pemkab Sleman untuk meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Sleman. Bangunan ini merupakan bagian dari desa wisata yang merepresentasikan ciri khas dari desa wisata.

Baca Juga: Sandiaga Dorong Indonesia Bangkit dengan Peningkatan Ekonomi Desa Wisata

Ia berharap keberadaan bangunan seni instalasi ini dapat menambah nilai estetika dan daya tarik ikonik dari setiap desa wisata.

“Terkait ini, saya juga berpesan kepada seluruh pengelola desa wisata tersebut untuk dapat menjaga dan merawat bangunan seni instalasi ini untuk menambah daya tarik wisatawan,” kata Kustini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *