Akhir Pekan, KRL Jadi Transportasi Pilihan Warga Yogyakarta-Solo

  • Whatsapp
dok. PT KAI
dok. PT KAI

seputarjogja.id, Yogyakarta – Kereta Rel Listrik (KRL) kembali menjadi pilihan warga Yogyakarta-Solo untuk berkomuter pada akhir pekan mulai Sabtu (13/11). Kecenderungan aktivitas warga di akhir pekan kembali menggunakan KRL sejak berbagai aktivitas dibuka seiring membaiknya situasi pandemi Covid-19 di wilayah tersebut.

Pada Sabtu (13/11) hingga pukul 16.00 WIB tercatat volume pengguna KRL mencapai 6.995 pengguna atau tumbuh 3 persen dibanding waktu yang sama pada Sabtu (6/11) pekan lalu . Sabtu pekan lalu volume pengguna KRL satu hari penuh mencapai 8.702 pengguna sementara hari Minggu (7/11) tercatat 9.358 pengguna.

Bacaan Lainnya

“Stasiun yang menjadi pilihan pengguna untuk mengakses layanan KRL masih Stasiun Solo Balapan (2.229 pengguna hingga pukul 16.00 WIB) dan Stasiun Yogyakarta (1.760 pengguna),” kata Manager External Relations KAI Commuter Adli Hakim, dalam siaran pers yang dibagikan PT KAI Daop 6 Yogyakarta dikutip Senin 15 November 2021.

Angka tersebut memperlihatkan peningkatan volume pengguna pada akhir pekan dibandingkan bulan Oktober lalu di mana rata-rata akhir pekan adalah 6.787 pengguna. Sementara rata-rata pengguna secara keseluruhan sepanjang Oktober adalah 5.894 pengguna.

KAI Commuter setiap harinya mengoperasikan 20 perjalanan KRL Yogyakarta-Solo menggunakan rangkaian kereta yang terdiri dari delapan kereta setiap rangkaiannya. Operasional KRL berlangsung pukul 05.00-18.30 WIB.

Para pengguna yang hendak menggunakan KRL diimbau untuk memperhatikan kondisi perjalanan dan informasi kepadatan di stasiun melalui media sosial @commuterline dan aplikasi KRL Access. Serta sebaiknya mempersiapkan diri dengan perlengkapan memasuki musim penghujan antara lain payung dan jas hujan.

KAI Commuter juga tetap menerapkan jaga jarak aman antarpengguna dengan membatasi jumlah orang yang dapat naik kereta untuk mengantisipasi kepadatan di dalam kereta. Petugas akan melakukan antrean penyekatan di stasiun bila kondisi di dalam KRL sudah sesuai kuota. Pembatasan kapasitas pengguna KRL juga masih berlaku sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 97 tahun 2021.

Selain pengaturan operasional dan pembatasan kapasitas, KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengguna KRL menggunakan masker ganda, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, serta menjaga jarak. Calon pengguna KRL juga wajib menunjukan sertifikat vaksin baik melalui aplikasi, sertifikat secara fisik, maupun digital kepada petugas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *