Bangkai Penyu 40 Kg Terdampar di Pantai Glagah Kulon Progo

  • Whatsapp
dok. Satlinmas Wilayah V Kulon Progo
dok. Satlinmas Wilayah V Kulon Progo

Kulon Progo, seputarjogja.id – Seekor penyu ditemukan terdampar di Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Saat ditemukan, penyu tersebut dalam kondisi mati.

“Anggota mendapat laporan dari salah satu pengunjung, yang menginformasikan adanya penyu yang terdampar dan sudah dalam keadaan mati, kemudian anggota langsung ke TKP,” kata Koordinator Satlinmas Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko, saat dihubungi Minggu 7 Maret 2021.

Bacaan Lainnya

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (6/3) sekitar pukul 17.00 WIB. Penyu yang mati itu diketahui memiliki panjang sekitar 90 cm, lebar sekitar 35 cm, dan berat 40 kilogram.

Aris menyebut pihaknya belum bisa memastikan apa jenis penyu tersebut. Namun diduga penyu itu berjenis lekang.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, petugas kemudian menguburkan bangkai penyu itu.

“Anggota di TKP dan kemudian menguburkan penyu tersebut dibantu babinsa Glagah,” imbuhnya.

Sebelumnya, peristiwa serupa terjadi pada Selasa (26/1) lalu di pantai Kulon Progo. Saat itu, ditemukan bangkai penyu dan lumba-lumba terdampar di lokasi yang berbeda.

“Bangkai seekor penyu ditemukan di Pantai Congot Selasa (26/1) pagi sekitar jam 05.30 WIB. Untuk bangkai seekor lumba-lumba ditemukan di Pantai Trisik sore harinya, sekitar pukul 16.30 WIB,” kata Koordinator Satlinmas Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko, dalam keterangannya, Rabu 27 Januari 2021 lalu.

Diketahui jenis penyu hijau, kelamin betina, panjang 90 cm, lebar 55 cm, bobot sekitar lebih dari 50 kg.

Sedangkan bangkai seekor lumba-lumba di Pantai Trisik, pertama kali ditemukan oleh warga bernama Subianto. Lumba-lumba itu berjenis kelamin betina dan panjang sekitar 2 meter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *