Berikut Data Aktivitas Gunung Merapi Sepekan Terakhir

  • Whatsapp
dok. BPPTKG
dok. BPPTKG

Yogyakarta, seputarjogja.id – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyampaikan laporan aktivitas Gunung Merapi tanggal 1-7 Januari 2021. Berikut datanya.

Berdasarkan keterangan BPPTKG, dikutip Jumat 8 Januari 2021, aktivitas Gunung Merapi tanggal 4 Januari 2021 pukul 19.50 WIB tercatat guguran lava pijar untuk pertama kali, yang terekam di seismogram dengan amplitudo 33 mm dan durasi 60 detik.

Bacaan Lainnya

Suara guguran terdengar hingga Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan. Dalam satu minggu ini guguran lava pijar teramati sebanyak 19 kali dengan jarak luncur maksimal 800 meter ke hulu Kali Krasak.

Kemudian pada tanggal 7 Januari 2021 mulai terjadi awan panas sebanyak 4 kali yaitu pada pukul 08.02, 12.50, 13.15, dan 14.02 WIB. Jarak luncur awan panas guguran diperkirakan kurang dari 1 km ke arah hulu Kali Krasak.

Analisis morfologi area puncak berdasarkan foto dari sektor barat daya tanggal 7 Januari 2021 terhadap tanggal 24 Desember 2020 menunjukkan adanya perubahan morfologi area puncak karena aktivitas guguran dan adanya kubah lava baru.

Untuk intensitas kegempaan lebih tinggi dibandingkan minggu lalu.

Sementara itu, deformasi Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM dari reflektor RB1 dan RB2 pada minggu ini menunjukkan adanya laju pemendekan jarak sebesar 15 cm/hari.

Kesimpulan:
– Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi, sehingga status aktivitas masih dalam tingkat Siaga.

– Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava, lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dan awan panas sejauh maksimal 5 kilometer.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *