Bimasakti UGM Sabet Gelar di Formula Student Netherlands

dok. UGM
dok. UGM

seputarjogja.id, Yogyakarta – Bimasakti UGM meraih peringkat 1 kategori Business Plan Presentation dan Golden Fifghter Award di ajang Formula Student Netherlands (FSN). Kompetisi mobil balap ini digelar di Sirkuit TT Assen, Belanda, pada 9-14 Juli 2022.

FSN merupakan kompetisi mobil balap yang berlaku bagi mahasiswa. Dalam kompetisi tersebut, tim ditantang untuk merancang dan mengembangkan formula balap mobil mulai dari sisi desain, teknis, hingga peluang bisnisnya.

Bacaan Lainnya

Kapten Tim Bimasakti UGM, Aditya Maheranta, menjelaskan pada FSN 2022 tim Bimasakti UGM bersaing dengan tim-tim kuat lainnya dari berbagai perguruan tinggi dunia. FSN 2022 diikuti 44 tim dari 15 negara di dunia.

Pada kompetisi tersebut tim Bimasakti juga menduduki peringkat 6 Presentasi Desain Teknik, peringkat 11 Presentasi Analisis Biaya, dan peringkat 7 Kelas Keseluruhan Kendaraan Pembakaran.

“Tim Bimasakti UGM menjadi satu-satunya tim non Eropa yang lolos inspeksi, dengan hanya 9 mobil total di kelas Combustion yang dapat lolos inspeksi,” kata Aditya saat dihubungi, Selasa (19/7/2022), dilansir website UGM.

Aditya mengungkapkan keikutsertaan tim Bimasakti dalam kompetisi di Belanda menjadi pengalaman baru bagi mereka. Pasalnya, dalam perlombaan tersebut memiliki standar kompetisi dan inspeksi keamanan mobil yang lebih tinggi. Hal itu cukup menghambat kerja tim di hari-hari awal perlombaan.

Sejumlah komponen dari mobil Bimasakti UGM dinilai masih memerlukan perbaikan oleh tim juri. Bahkan, juri beranggapan mobil Bimasakti UGM tidak memiliki peluang untuk lolos inspeksi.

“Namun, kami terus berusaha untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap mobil di lokasi perlombaan dengan peralatan dan jumlah anggota yg terbatas. Akhirnya kami dinyatakan lolos inspeksi dan berkesempatan untuk berlaga di kategori endurance,” jelas mahasiswa Teknik Mesin UGM ini.

dok. UGM
dok. UGM

Kegigihan dan sikap pantang menyerah dari tim Bimasakti UGM ini diganjar dengan penghargaan khusus dari juri yaitu Golden Fighter Award.

“Dewan Juri menilai bahwa sikap gigih dan pantang menyerah ini menjadi pengingat bagi tim tim formula student seluruh dunia untuk terus menembus tapal batas dan pantang menyerah dalam menghadapi semua kendala yang ada,” imbuhnya.

Baca Juga: Tim Semar UGM Raih 2 Gelar Kontes Mobil Hemat Energi

Sementara itu dosen pembimbing tim Bimasakti UGM, Fauzun, Ph.D., menyampaikan prestasi yang diraih Bimasakti merupakan hasil kerja keras dan pantang menyerah tim mulai dari tahap desain hingga tahap lomba. Kemenangan ini juga tak lepas dari dukungan berbagai pihak seperti Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM, universitas, serta para sponsor dan donatur.

“Dalam keikutsertaan tim Bimasakti yang pertama kali di FSN 2022 ini bisa meraih beberapa penghargaan tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama UGM serta Indonesia di mata dunia,” paparnya.

Kemenangan yang diperoleh tim Bimasakti, diharapkan Fauzun bisa memotivasi tim Bimasakti untuk lebih meningkatkan softskills maupun hardskills. Dengan begitu ke depan dapat terus berprestasi dan membanggakan kembali nama UGM baik di kancah nasional maupun internasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.