Bulan Purnama, Waspada Peningkatan Pasang Air Laut

dok. BMKG
dok. BMKG

seputarjogja.id, Yogyakarta – BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir atau rob pada 17-20 Januari 2022. Adanya fase bulan purnama pada 17 Januari berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

Dalam siaran pers BMKG, beberapa wilayah pesisir Indonesia diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir/rob.

Bacaan Lainnya

Beberapa wilayah yang berpotensi antara lain pesisir selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta.

“Kondisi ini secara umum dapat menganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” tulis BMKG, Senin 17 Januari 2022.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak gelombang tinggi dan pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.