Deretan Pantai di Gunungkidul yang Wajib Kamu Kunjungi #1

  • Whatsapp
dok. istimewa
dok. istimewa

seputarjogja.id, Gunungkidul – Pantai di Gunungkidul dikenal memiliki panorama yang memanjakan mata. Berikut ini ulasan singkat deretan pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang kami sajikan secara bersambung.

Dikutip dari website Pemkab Gunungkidul Jumat 26 November 2021, potensi pariwisata di Kabupaten Gunungkidul cukup potensial dan beragam, mulai wisata alam berupa pantai, gua, bukit, air terjun, pegunungan, tempat bersejarah serta wisata budaya maupun wisata religi. Pantai merupakan objek wisata unggulan Kabupaten Gunungkidul yang terbentang 72 km di wilayah selatan, mulai dari ujung barat ke ujung timur.

Bacaan Lainnya

Daftar pantai di Gunungkidul:

1. Pantai Ngedan
Pantai Ngeden atau biasa juga disebut dengan nama Pantai Ngedan, terletak di Kalurahan Krambil Sawit, Kapanewon Saptosari. Pantai ini memiliki garis pantai yang luas dan berpasir putih, walaupun ombak tergolong tinggi tetapi pengunjung masih bisa bermain air dan pasir di pinggirannya dengan hati-hati.

Pantai Ngedan, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)
Pantai Ngedan, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)

Di Pantai Ngedan sudah tersedia fasilitas umum seperti, musala, parkir, toliet hingga warung makan. Selain itu juga terdapat jalan setapak yang dapat disusuri menuju bukit sebelah barat untuk menikmati landscape pantai dari atas. Ketika sore menjelang dari spot bukit ini juga bisa untuk menikmati momen indahnya matahari terbenam.

2. Pantai Jogan
Pemandangan aliran sungai yang membentuk air terjun dan langsung jatuh ke bibir laut dapat wisatawan nikmati di Pantai Jogan. Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tiga jenis keindahan alam dapat langsung dinikmati ditempat ini, yakni aliran air terjun, pantai dan pemandangan indahnya panorama alam di sekeliling pantai.

Pantai Jogan, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)
Pantai Jogan, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)

Wisatawan dapat menikmati guyuran air terjun dengan menuruni tebing. Ada dua cara untuk turun, pertama dengan teknik canyoning alias rappeling di air terjun. Tentu diperlukan peralatan dan kemampuan mumpuni untuk melakukannya. Kedua, menapaki turunan licin yang basah dengan dilengkapi kayu-kayu penopang tubuh.

Derasnya aliran air terjun dapat dinikmati ketika datang musim penghujan, sedangkan di musim kemarau debit air sangat kecil. Pantai Jogan terletak di Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus.

3. Pantai Gesing
Garis pantai yang tidak terlalu luas yang dimiliki Pantai Gesing tidak mengurangi keindahan dan keunikannya. Pantai Gesing terletak di Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang. Selama perjalanan menuju pantai juga akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan khas pedesaan.

Pantai Gesing, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)
Pantai Gesing, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)

Sesampainya di Pantai Gesing pengunjung akan semakin dibuat kagum dengan tebing karang yang menjulang tinggi, suara alunan ombak berpadu dengan semilir angin. Fasilitas umum juga sudah tersedia, seperti toilet, musala, area parkir dan rumah makan. Pantai Gesing juga merupakan spot yang tepat untuk menikmati senja.

 

Nantikan ulasan kami selanjutnya soal deretan pantai di Gunungkidul. Jika berwisata, jangan lupa tetap jaga lingkungan dan selalu taati protokol kesehatan pandemi Covid-19, ya…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *