Deretan Pantai Gunungkidul #2, Sayang untuk Dilewatkan

  • Whatsapp
dok. istimewa
dok. istimewa

seputarjogja.id, Gunungkidul – Pantai di Gunungkidul sayang untuk dilewatkan. Wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) wajib memasukkan pantai di Gunungkidul ke dalam daftar kunjungan.

Artikel ini merupakan judul kedua, bagi pembaca yang terlewat artikel pertama bisa membacanya dengan klik berikut, Deretan Pantai di Gunungkidul yang Wajib Kamu Kunjungi #1

Bacaan Lainnya

Berikut ini ulasan singkat deretan pantai di Gunungkidul #2, dikutip dari website Pemkab Gunungkidul:

1. Pantai Nglolang
Pantai Nglolang terletak di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari.  Terletak di sebelah barat Pantai Sepanjang. Garis pantai tidak terlalu panjang dan diapit oleh dua bukit di sekilingnya. Hamparan pasir putih di antara bongkahan batu karang dapat dinikmati di Pantai Nglolang. Ketika ombak surut bisa dilakukan olahraga snorkeling.

Pantai Nglolang, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)
Pantai Nglolang, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)

Pantai ini cocok untuk melepas penat sejenak setelah lelah dengan aktivitas kerja. Sore menjelang, akan ada pertunjukan senja matahari terbenam dengan indahnya.

2. Pantai Pok Tunggal
Berada di Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus. Pasir putih yang lembut terhampar di bibir pantai, tebing-tebing batuan karst berdiri kokoh di seputaran pantai, seolah menambah komplit kecantikan panorama alamnya.

Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)
Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)

Dinamakan Pantai Pok Tunggal karena dulunya berdiri kokoh satu pohon duras di pinggir pantai, namun saat ini pohon tersebut sudah roboh dan tumbuh tunas baru yang masih kecil. Kecantikan akan semakin sempurna ketika senja tiba, dapat menyaksikan keindahan sunset, pergantian dari terangnya siang menjadi gelapnya malam.

3. Pantai Sadranan
Terletak di Kalurahan Sukoharjo, Kapanewon Tepus.  Pantai berpasir putih dengan panorama indah di sekelilingnya akan memanjakan wisatawan yang berkunjung. Selain menikmati keelokan panorama pantai, pengunjung yang datang juga dapat melakukan aktivitas lainnya, di antaranya snorkeling, perahu kano, menikmati sunrise dan sunset, berjemur di pantai, camping ground dan api unggun.

Pantai Sadranan, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)
Pantai Sadranan, Gunungkidul (dok. Pemkab Gunungkidul)

Sajian kuliner dijajakan oleh pedagang. Wisatawan dapat bersantai di gazebo sambil menikmati kuliner lokal maupun seafood.

*) Bersambung

Nantikan ulasan deretan pantai di Gunungkidul berikutnya hanya di seputarjogja.id. Jika berwisata alam, selalu jaga lingkungan ya.. dan jangan lupa tetap menaati protokol kesehatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *