DIY Mulai Vaksinasi Covid-19 Tahap Awal 14 Januari

  • Whatsapp
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji (dok. Humas Pemda DIY)
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji (dok. Humas Pemda DIY)

Yogyakarta, seputarjogja.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji, menegaskan DIY telah siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap awal. Kesiapan DIY ini pun telah di konfirmasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan yang menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Nasional pada Selasa (5/1).

Bersama Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaning Astutie, Aji mengikuti rakor secara daring dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Usai rakor, Aji mengatakan, tujuan rakor kali ini memang untuk memastikan kesiapan semua daerah karena pada 13 Januari 2021 mendatang akan dimulai pelaksanaan vaksinasi CoviD-19 tahap awal secara serentak di seluruh Indonesia.

“Vaksin untuk DIY pun sudah diterima kemarin (Senin, 4/1). Vaksin ini ialah vaksin yang akan digunakan untuk tahap satu, yakni bagi para tenaga kesehatan. Tadi juga disampaikan oleh Pak Menteri (Mendagri), kita diminta persiapan karena nanti tanggal 13 Januari 2021, secara simbolis mulainya tahap vaksinasi akan dilakukan di Jakarta, di antaranya vaksinasi kepada Bapak Presiden,” kata Aji, dalam siaran pers Humas Pemda DIY, dikutip pada Selasa, 5 Januari 2021.

Selanjutnya, masing-masing daerah termasuk DIY juga diminta untuk menyiapkan kegiatan simbolis pelaksanaan vaksinasi tahap awal yang diikuti para tokoh di DIY. Untuk DIY, pelaksanaannya dijadwalkan pada 14 Januari 2021.

Dari data Kementerian Kesehatan, DIY termasuk dalam 14 provinsi prioritas pelaksanaan vaksinasi. Tidak hanya karena alasan konfirmasi kasus positif Covid-19 menjadi yang tertinggi di Indonesia, tapi juga karena menjadi sentra ekonomi dan pariwisata.

“Jadi memang hampir semua daerah di Jawa tingkat konfirmasi positifnya cukup besar, sehingga menjadi daerah yang diprioritaskan agar segera dilaksanakan vaksinasi. Oleh karena itu, masyarakat kita minta tetap tidak boleh mengendorkan protokol kesehatan walaupun sudah ada vaksinansi,” papar Aji.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaning Astutie, mengatakan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan oleh vaksinator di sejulah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di DIY, seperti puskesmas dan rumah sakit. Total ada 121 puskesmas dan 85 rumah sakit serta fasyankes yang lain.

“Vaksinator di DIY saat ini ada sekitar 300 orang. Jumlah ini akan terus naik karena kami juga terus melakukan pelatihan bagi tenaga kesehatan yang lainnya. Target di DIY jumlah vaksinator bisa mencapai 1.200 orang, untuk melayani 2,6 juta penduduk DIY,” kata Pembayun.

Pembayun pun mengatakan, vaksin Covid-19 untuk tahap awal di DIY sudah tiba hari ini dan pada pukul 06.30 WIB sudah masuk cool room penyimpanan sebanyak 260 ribu vaksin. Semua vaksin ini akan diberikan pada para tenaga kesehatan di DIY.

“Harus saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik media, fasyankes juga yang bahkan bisa tepat waktu input data, sehingga data untuk DIY sudah masuk 100 persen. Terima kasih juga kepada jajaran Polda dan BINDA yang membantu mengawal vaksin sampai di instansi farmasi. Semoga tahapan vaksinasi di DIY berjalan aman dan lancar,” imbuhnya.

Pada Rakor Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Nasional ini hadir Mendagri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Kepala BNPB Doni Monardo, dan Wakil Menkes Dante Saksono Harbuwono.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *