Festival Prawirotaman di Kampung Turis Jogja, Sajikan Ragam Seni

dok. Pemkot Jogja
dok. Pemkot Jogja

seputarjogja.id, Jogja – Dinas Pariwisata Kota Jogja menggelar Festival Prawirotaman pada 27 Agustus 2022. Lokasi festival di kawasan Prawirotaman yang dikenal sebagai kampung turis di Jogja.

Dalam keterangan pers Pemkot Jogja, Festival Prawirotaman akan menampilkan pawai atau kirab budaya, pertunjukkan seni budaya dan musik. Melalui festival tersebut diharapkan bisa mendongkrak daya tarik wisatawan ke Prawirotaman.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan selama ini kawasan Prawirotaman dikenal dengan sebutan kampung turis mancanegara atau kampung internasional. Pada bulan Juli, Agustus dan September 2022 menjadi puncak wisatawan mancanegara yang datang ke Jogja.

“Kami memanfaatkan momentum itu dengan memperbanyak kegiatan wisata berdasarkan potensi seni budaya di kawasan Prawirotaman. Maka kami adakan Festival Prawirotaman saat peak season wisatawan mancanegara berada di Yogyakarta,” kata Wahyu saat jumpa pers Festival Prawirotaman di Balai Kota Jogja, Rabu (24/8/2022).

Festival Prawirotaman diadakan rutin setiap tahun dan kini memasuki tahun ke-10. Wahyu menuturkan sudah dua kali ini Festival Prawirotaman diadakan Pemkot Jogja untuk mempromosikan semua potensi wisata Prawirotaman. Sebelumnya festival itu diselenggarakan sendiri oleh komunitas di kawasan Prawirotaman. Festival Prawirotaman tahun 2022 mengambil tema Manunggal Mendunia.

“Manunggal berarti bersatunya semua potensi wisata, seni budaya di kawasan Prawirotaman bersama-sama menyajikan tontonan dan tuntunan yang menarik. Diharapkan potensi Prawirotaman itu pada akhirnya bisa mendunia mengglobal dan menarik wisatawan berkunjung ke Prawirotaman,” terangnya.

Kirab budaya Festival Prawirotaman diadakan pukul 15.45 WIB-16.45 WIB dimulai dari Cafe Just Playon menuju Hotel Gallery Prawirotaman. Kirab Budaya menampilkan pasukan kuda tunggang, tari edan-edanan, Bregodo Wirotomo, gedrug, andong, kapi terwelu, Perempuan Berkebaya, Dinas Pariwisata Kota Jogja. Pada saat kirab akan ada penutupan total Jalan Prawirotaman I dan II sampai pukul 17.00 WIB.

Sedangkan pada malam hari ada pertunjukan musik, fesyen show on the street dan tari. Dalam Festival Prawirotaman menampilkan 2 panggung dengan dekorasi unik dan properti yang artistik untuk menampilkan seni kolaborasi.

“Semua unsur seni budaya yang terlibat kami mengambil dari kawasan Prawirotaman Harapannya benar-benar bisa menarik wisatawan mancanegara yang sedang menginap di kawasan Prawirotaman menyaksikan Festival Prawirotaman,” papar Wahyu.

Dinas Pariwisata Kota Jogja mencatat sampai akhir Juli 2022 kunjungan wisatawan mencapai sekitar 3,9 juta. Sekitar 10 persen di antaranya adalah wisatawan mancanegara. Data itu belum termasuk wisatawan one day trip ke Jogja. Untuk lama tinggal wisatawan di Jogja 1,8 hari dengan tingkat belanja Rp 1,9 juta/ wisatawan.

“Semua itu menunjukan angka pemulihan sama seperti sebelum pandemi. Kami coba manfaatkan momentum ini untuk terus menerus menciptakan daya tarik wisatawan yang baru. Termasuk penyelenggaraan event-event wisata seperti Festival Prawirotaman yang harapannya bisa menambah daya tarik wisatawan dan waktu tinggal di Yogyakarta,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.