Hujan Disertai Petir-Angin Kencang di DIY, Ini Penjelasan BMKG

dok. BMKG
dok. BMKG

Yogyakarta, seputarjogja.id – Hujan lebat disertai petir dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (3/2) sore. Berikut penjelasan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Menurut pantauan alat nexstrom di Stasiun Geofisika Yogyakarta, pada Rabu 3 Februari 2021 pukul 17.56 WIB terdapat adanya aktivitas petir di wilayah DIY,” tulis keterangan dari Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Yogyakarta, Rabu 3 Februari 2021.

Bacaan Lainnya

Menurut BMKG, saat ini wilayah DIY diprakirakan masuk dalam puncak musim hujan. Kondisi petir Rabu (3/2) sore ini tergolong normal.

Sementara itu berdasarkan pantauan dari citra radar, estimasi kecepatan angin tertinggi di wilayah Kabupaten Kulon Progo (Kapanewon Girimulyo, Pengasih, Nanggulan, Kokap) pada pukul 17.20 WIB dan wilayah Kabupaten Sleman (Kapanewon Minggir, Moyudan, Godean, Gamping) pada pukul 17.40 WIB, berkisar antara 45-60 km/jam.

dok. BMKG
dok. BMKG

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah DIY tanggal 3 Februari 2021 pukul 17.55 WIB. Yakni berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.