Hujan Es Terjadi di Sleman, Berikut Penjelasan BMKG

  • Whatsapp
dok. BPBD Sleman
dok. BPBD Sleman

Sleman, seputarjogja.id – Hujan es dilaporkan terjadi di Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, Selasa (2/3) sore. Sejumlah wilayah di Sleman juga dilaporkan terjadi hujan lebat dan angin kencang.

“Hujan es di Kapanewon Turi, di Bangunkerto, Turi, Sleman,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, dalam keterangannya, Selasa 2 Maret 2021.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Sleman, Selasa (2/3) update pukul 15.30 WIB, peristiwa angin kencang terjadi di Kapanewon Turi, Tempel, Pakem, yang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik roboh.

Kemudian dilaporkan trafo meletus di timur SPBU Pokoh Jalan Ngemplak-Pokoh dan pohon kelapa tersambar petir di utara RSUD Morangan.

Sementara itu, Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta dalam keterangannya menjelaskan terkait peristiwa hujan es dan hujan lebat serta angin kencang di Sleman tersebut.

“Pantauan radar cuaca tadi siang-sore ada aktivitas awan cumulonimbus (Cb), awan ini yang menyebabkan terjadinya hujan es, hujan lebat disertai petir dan angin kencang,” bunyi keterangan Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta.

Stasiun Klimatologi telah mengeluarkan peringatan dini cuaca pada Selasa (2/3) pukul 14.15 WIB. Yakni berpotensi terjadi hujan sedang-lebat pada pukul 14.45 WIB di Kabupaten Sleman meliputi Tempel, Turi, Pakem. Kemudian Kabupaten Kulon Progo meliputi Kalibawang dan sekitarnya, Kabupaten Gunungkidul di Ngawen, dan dapat meluas ke wilayah Gedangsari, Patuk, Nglipar, Semin, Ponjong, Karangmojo.

Serta berpotensi meluas di Kabupaten Sleman meliputi Seyegan, Gamping, Godean, Mlati, Depok, Berbah, Prambanan, Kalasan, Ngemplak, Cangkringan dan sekitarnya.

“Kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga pukul 16.45 WIB,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *