HUT 265 Kota Jogja, Nostalgia Lewat Foto Tempo Doeloe 

  • Whatsapp
dok. Humas Pemkot Yogya
dok. Humas Pemkot Yogya

seputarjogja.id, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan Display Dekorasi Arsip Foto dengan judul Jogja Tempo Doeloe dan Masa Kini dalam rangka menyemarakkan HUT ke-265 Kota Yogyakarta pada Minggu (3/10) di Grha Pandawa, Kompleks Balai Kota, Timoho, Yogyakarta. Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya membuka Display Dekorasi Arsip Foto dan menyerahkan piagam penghargaan penilaian kearsipan.

Aman menyampaikan bahwa saat ini merupakan momentum yang penting bagi Kota Yogyakarta dan masyarakat di mana bisa menyaksikan perkembangan pembangunan Kota Yogyakarta pada masa ke masa.

Bacaan Lainnya

“Display Dekorasi Arsip Foto “Jogja Tempo Doeloe dan Masa Kini” merupakan dedikasi dalam berkarya guna memperingati Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta yang ke 265 di masa pandemi,” kata Aman dalam siaran pers Humas Pemkot Yogyakarta dikutip Selasa 5 Oktober 2021.

Selanjutnya disampaikan Aman bahwa tema yang diusung kali ini adalah Tanggap Tanggon Tuwuh yang bila diterjemahkan menjadi kemampuan dalam beradaptasi melalui daya juang dalam menjalani kehidupan di masa pandemi sehingga membuahkan hasil untuk terus berkarya dan mampu memenangi dalam menapaki kehidupan di era pasca pandemi (tan mingkuh tumapaking jaman anyar).

“Dengan kegiatan ini diharapkan akan tumbuh kenangan dan rasa cinta pada kota Yogyakarta yang bila dipadukan dengan tanggap tanggon tuwuh akan menjadi sebuah kekuatan bersama dalam membangun kota Yogyakarta,” imbuh Aman.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani dalam laporannya menyampaikan bahwa materi foto berasal dari khazanah arsip milik Pemerintah Kota Yogyakarta yang dikelola Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dan dikelompokkan dalam tema dan sub tema sehingga memudahkan para pengunjung baik secara daring maupun luring.

“Saat ini kami tampilkan foto fasad bangunan menara gaok sirene Pasar Beringharjo tahun 1956, Taman Kantor (taman utara Hotel Garuda tahun 1956), Bangunan Pemerintah (kantor PDAM Tirtamarta tahun 1956) dan Pembangunan Gedung Induk Balai Kota Timoho,” tutur Ambar.

Ambar juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi pada masyarakat mengenai keberadaan arsip yang dikelola LKD sekaligus bentuk edukasi pada masyarakat tentang pentingnya mengelola, menyimpan dan merawat arsip baik berupa foto maupun dokumen.

“Materi Display Dekorasi Arsip Foto dengan judul Jogja Tempo Doeloe dan Masa Kini berisi 80 foto fasad bangunan dan kegiatan perayaan Sekaten dari tahun 1956 sampai tahun 2017 dan bisa disaksikan melalui channel YouTube Pemerintah Kota Yogyakarta mulai 3 Oktober 2021,” pungkas Ambar.

Dalam kegiatan itu juga diserahkan penghargaan penilaian kearsipan oleh Sekda Kota Yogyakarta pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (juara 1), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (juara 2), Satuan Polisi Pamong Praja (juara 3). Kegiatan pembukaan Display Dekorasi Arsip Foto dengan judul Jogja Tempo Doeloe dan Masa Kini diakhiri dengan berkeliling menikmati foto-foto yang ditampilkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *