Kapolda DIY Tinjau Barak Pengungsian Gunung Merapi

  • Whatsapp
dok. Humas Polda DIY
dok. Humas Polda DIY

Sleman, seputarjogja.id – Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irjen Asep Suhendar meninjau lokasi barak pengungsian Gunung Merapi di Kabupaten Sleman. Asep memastikan kepolisian siap dalam penanganan tanggap bencana erupsi Merapi.

Dalam kunjungannya ini, Kapolda DIY bersama rombongan yakni Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman Ani Martanti, Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto, serta sejumlah pejabat utama Polda DIY. Rombongan terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Posko Utama Pusdalops BPBD Sleman di Jalan Kaliurang Km.17, Pakem, Sleman.

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Sleman Joko Supriyanto menyampaikan saat ini pihaknya telah menyiapkan barak pengungsian bagi warga masyarakat yang tinggal di kawasan 5 km dari puncak Gunung Merapi.

“Dikarenakan saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka barak pengungsian yang berada di Glagaharjo maupun yang berada di Gedung Sekolah dibuatkan penyekat antar keluarga,” kata Joko dalam keterangan tertulis, seperti disampaikan Humas Polda DIY, Senin, 9 November 2020.

Joko menambahkan bahwa barak pengungsian akan siap menampung 300 jiwa dengan tetap memperhitungkan protokol kesehatan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Sementara itu Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto mengatakan saat ini Polda DIY telah menyiapkan segala sesuatunya bila Gunung Merapi terjadi erupsi. Yakni mulai dari pengamanan jalur evakuasi hingga barak pengungsian.

“Belajar dari pengalaman (erupsi Merapi) 2010 yang lalu, Polda DIY telah mempersiapkan segala hal (tanggap bencana), terlebih saat ini Operasi Aman Nusa II masih berjalan,” kata Yuliyanto.

Selain mengunjungi Posko Utama Pusdalops BPBD Sleman di Pakem, Kapolda DIY beserta rombongan juga meninjau barak pengungsian di Balai Desa Galagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Sleman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *