seputarjogja.id, Sleman – Berkomitmen untuk terus berpartisipasi secara aktif dalam upaya meningkatkan literasi keuangan di Indonesia secara berkelanjutan, PT Home Credit Indonesia (Home Credit) menggelar seminar interaktif bagi civitas akademika.
Diselenggarakan di University Club, Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (21/11/2024), seminar ini dihadiri lebih dari 300 orang dimana sebagian besar merupakan civitas akademika UGM serta perwakilan berbagai komunitas di Yogyakarta.
Kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi dari sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG). Seperti MUFG Bank, Ltd. Cabang Jakarta, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance), dan PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk.
“Seminar bertajuk Belajar Strategi Menjalani Siklus Kehidupan Keuangan ini secara khusus membahas berbagai fase kehidupan seperti ketika seorang individu mengembangkan karir, melangsukan pernikahan, memiliki anak hingga menyiapkan pensiun dan sebagainya, dari perspektif keuangan,” jelas Chief Customer Management Officer Home Credit, Cahyadi Poernomo.
“Seminar ini diharapkan dapat memberi bekal generasi muda dengan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan baru mengenai layanan keuangan yang dapat diimplementasikan di masa depan,” urainya.
Sejumlah topik yang dibahas oleh para pembicara yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Universitas Indonesia (UI), UGM, Danamon, Adira Finance, Zurich Indonesia serta Home Credit.
Di antaranya berbagai layanan keuangan yang dapat dioptimalkan oleh seorang dalam berbagai fase kehidupan seperti simpanan dan investasi untuk pengelolaan gaji. Lalu memanfaatkan layanan kredit secara bijak dan sehat untuk mengelola arus kas. Serta mengenal layanan asuransi untuk mengalihkan risiko dan sebagainya.
Melalui keikutsertaannya dalam seminar ini, Danamon kembali menunjukkan komitmennya untuk aktif berpartisipasi dalam upaya meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Danamon mendukung generasi muda untuk memahami dan mengelola keuangan mereka secara bijak dan mandiri.
“Partisipasi Danamon dalam seminar ini merupakan wujud nyata komitmen Danamon untuk memberikan edukasi keuangan yang lebih luas, khususnya bagi mahasiswa dan generasi muda di Indonesia,” papar Consumer Funding & Wealth Business Head Danamon, Ivan Jaya.
“Kami percaya bahwa pemahaman yang baik tentang berbagai program dan jenis tabungan serta instrumen investasi lainnya, seperti reksa dana, obligasi, dan deposito, dan instrument lainnya akan membantu mereka merencanakan keuangan dengan lebih matang di masa depan,” ungkapnya.
Sebagai salah satu pengisi seminar, Adira Finance berperan aktif dalam kegiatan ini dengan membagikan wawasan tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak.
“Melalui kolaborasi dengan grup, Adira Finance berkomitmen untuk mendukung generasi muda, termasuk mahasiswa UGM dalam memahami strategi keuangan yang bijak di setiap tahap kehidupan,” ungkap Head of Regional SSD Jawa Tengah Adira Finance, Surya Almada Syahlani.
“Kegiatan ini menjadi wujud nyata sinergi grup untuk memberikan literasi keuangan yang relevan, mencakup pembiayaan dan manajemen risiko, guna mempersiapkan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan,” jelasnya.
Sementara itu, pakar keuangan yang merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof Budi Frensidy yang juga menjadi pembicara dalam seminar ini menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini.
“Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia yang baru mencapai 65,4% di tahun 2024, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK),” kata Budi.
“Apalagi, sebagian besar peserta seminar ini adalah mahasiswa, yang menurut SNLIK 2024, merupakan kelompok yang memiliki pemahaman yang rendah mengenai literasi keuangan dibandingkan dengan kelompok pegawai/profesional, pengusaha/wiraswasta, dan ibu rumah tangga,” pungkasnya.
Di masa depan, Home Credit akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan inklusi serta literasi keuangan di Indonesia melalui berbagai kegiatan tatap muka atau online. Termasuk di antaranya “DoIT Cerdas” yang dipublikasikan di akun media sosial resmi Home Credit Indonesia.