Melihat Pelaksanaan ANBK SD-MI di Sleman

  • Whatsapp
dok. Humas Pemkab Sleman
dok. Humas Pemkab Sleman

seputarjogja.id, Sleman – Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi siswa Sekolah Dasar (SD), MI dan Kejar Paket A di Kabupaten Sleman berjalan lancar. Hal tersebut berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sleman bersama Dinas Pendidikan pada pelaksanaan ANBK di lima SD di Kabupaten Sleman, Senin (15/11).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang meninjau pelaksanaan ANBK di SD Negeri Dukuh 2 dan SD Negeri Nyaen 1 Kapanewon Sleman menyampaikan bahwa pelaksanaan ANBK tersebut juga dengan menerapkan standar operasional dan prosedur (SOP) yang mengedepankan protokol kesehatan. Rata-rata tiap sekolah memiliki 30 siswa yang dibagi menjadi tiga sesi ujian.

Bacaan Lainnya

“Peserta ANBK tiap sesi ada yang 9 dan 10 siswa, tergantung jumlah siswa dan semua sudah menerapkan protokol kesehatan,” ujar Kustini dalam siaran pers Humas Pemkab Sleman, Senin 15 November 2021.

Menurutnya pembagian gelombang tersebut selain untuk penerapan protokol Kesehatan juga karena ketersediaan server yang ada agar semuanya dalam pengunduhan soal berjalan lancar, menyesuaikan dengan server pusat.

Lebih lanjut Kustini mengatakan pantauan ini juga untuk memastikan tidak ada klaster Covid-19 tingkat SD maupun SMP.

“Jika dipastikan semua dapat berjalan baik dan lancar serta tidak terdapat klaster, harapannya sekolah tatap muka segera dapat kembali berjalan,” tambah Kustini.

Sementara itu Wabup Sleman Danang Maharsa yang melakukan peninjauan di SD Teladan Kapanewon Gamping, SD Negeri Semarangan I Kapanewon Godean dan SD Negeri Gendengan Kapanewon Seyegan menjelaskan, jumlah siswa yang mengikuti ANBK tingkat SD yaitu 11.920 siswa dari 511 sekolah, MI 780 siswa dari 37 sekolah, dan Paket A sebanyak 99 siswa dari 10 sekolah.

Danang mengatakan dari hasil pantauannya, ANBK berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah semua siswa mengerjakan dengan tenang, kami berharap semua dapat berjalan lancar sampai akhir pelaksanaan ANBK,” ujar Danang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *