Menjajal Wisata Sepeda Keliling Kawasan Heritage Yogyakarta

dok. Humas Pemkot Yogya
dok. Humas Pemkot Yogya

Yogyakarta, seputarjogja.id – Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menjajal rute wisata sepeda di Kota Gudeg. Rute wisata sepeda Kota Yogyakarta ini mengelilingi kawasan heritage.

Rombongan berkumpul di depan Kelenteng Poncowintan pukul 06.00 WIB. Rombongan kemudian bersepeda mengelilingi pusat kota, seperti Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, menyusuri Kampung Ketandan, Pasar Beringharjo, dan finish di Puro Pakualaman. Rombongan juga sempat mampir di kawasan Keraton Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

“Meski di dalam kota namun tetap asyik karena kita bisa melihat bagunan heritage seperti Kelenteng Poncowinatan, Keleteng Gondomanan karena memang rute ini melewati kawasan-kawasan heritage,” kata Heroe di lokasi, seperti dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Yogya, Jumat, 6 November 2020.

Heroe mengungkapkan dengan adanya wisata sepeda, diharapkan dapat meningkatkan geliat pariwisata di Kota Yogyakarta sehingga kebangkitan ekonomi Kota Yogyakarta dapat berjalan dengan cepat.

“Ini bagian dari upaya kita untuk mengampanyekan hidup sehat dengan bersepada, selain itu momentum ini juga untuk mengenalkan potensi-potensi kampung kepada masyarakat sehingga kebangkitan ekonomi kampung di Kota Yogya bisa berjalan dengan cepat,” ujarnya.

Heroe menjelaskan bagi wisatawan yang hendak menikmati rute wisata sepeda di Kota Yogyakarta dapat dengan mudah mengaskes rute yang ingin dilalui melalui aplikasi Jogja Smart Service/JSS di menu Gowes Kota Yogyakarta.

“Supaya wisatawan, khususnya wisatawan dari luar Kota Yogyakarta tidak kesulitan menikmati rute wisata sepeda tersebut, maka cukup mengaksesnya melalui Jogja Smart Service (JSS),” jelasnya.

Dalam aplikasi tersebut, sudah langsung ditunjukkan lima rute sepeda yang masing-masing memiliki tema tersendiri sekaligus jalur dan jarak tempuh yang akan dilalui.

Heroe menambahkan, pihaknya juga berpesan kepada para pesepeda agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan peraturan lalu lintas selama menjalani wisata sepeda. Para pesepeda harus dalam kondisi sehat, memakai helm, masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta memastikan keadaan sepeda yang dikayuh baik.

“Bagi wisatawan yang tidak membawa sepeda sendiri, mereka dapat menggunakan fasilitas JogjaBike, sepeda yang tersedia untuk masyarakat dengan sistem sewa online. Wisatawan perlu mengunduh aplikasi Jogja Smart Service atau JSS kemudian memilih rute yang hendak dilewati,” kata Heroe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.