Menparekraf Sandiaga Rebranding Yogya: YK-The City of Creative

Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)

seputarjogja.id, Yogyakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno rebranding dan meluncurkan tagline baru Kota Yogyakarta. Branding dan slogan baru tersebut adalah YK (Yogya Keren) dan Yogyakarta The City of Creative.

“Yogyakarta tidak boleh kalah, Yogyakarta-The City of Creative,” kata Sandiaga Uno usai menyaksikan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2021 di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Kamis 7 Oktober 2021 malam.

Bacaan Lainnya

Sandiaga menyinggung slogan sejumlah kota besar di dunia. Di antaranya seperti New York dengan slogannya ‘The City That Never Sleep’, Paris dengan slogan ‘The City of Love’, kemudian Los Angeles dengan ‘The City of Angels’.

Sandiaga menilai branding dan slogan baru Yogyakarta tersebut harus digaungkan, sehingga dapat bersanding dengan kota-kota maju di dunia.

Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Pemkot Yogya)
Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Pemkot Yogya)

Menurutnya, brand YK (Yogya Keren) dan slogan Yogyakarta The City of Creative bisa menambah semangat baru bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) DIY.

Mengingat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hampir dua tahun belakangan berdampak langsung terhadap sektor parekraf nasional, termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Remuk redamnya sektor parekraf di Kota Budaya itu pun membawa duka bagi para pelaku usaha, mulai dari pekerja seni hingga industri kreatif. Namun seiring dengan menurunnya angka kasus sekaligus terkendalinya Covid-19, sektor parekraf DIY kini mulai bangkit.

Sandiaga meyakini dengan bangkitnya sektor parekraf maka peluang usaha dan lapangan kerja pun tercipta bagi masyarakat seluas-luasnya.

“Ada semangat baru dengan peluncuran Yogyakarta The City of Creative, kita akan terus sosialisasikan-promosikan sehingga kelasnya mendunia. Saya ucapkan selamat,” ujar Sandiaga.

“Ini adalah awal kebangkitan kita, pariwisata dan ekonomi kreatif ditandai dengan peluncuran Yogya Keren-YK. Ini adalah inovasi yang harus kita apresiasi,” imbunya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.