Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Omah Budaya Tembi

dok. Kemenparekraf
dok. Kemenparekraf

seputarjogja.id, Bantul – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Omah Budaya Tembi, di Desa Tembi, Kapanewon Sewon, Bantul, DIY. Sandiaga Uno bertemu dengan Warwick Purser, seorang warga keturunan asing yang kini sudah berkebangsaan Indonesia.

Sandiaga menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih atas kerja keras Warwick yang membangun Desa Tembi dengan mengangkat kearifan lokal.

Bacaan Lainnya

Menurut Sandiaga, wajah Desa Tembi yang berada di selatan Malioboro itu menjadi bukti besarnya potensi pariwisata yang dimiliki DIY. Lewat kecintaan Warwick Purser terhadap kebudayaan masyarakat lokal, nama Desa Tembi kini mendunia. Beragam produk kearifan lokal yang dikurasi langsung oleh pria kelahiran Australia itu pun diyakini mampu bersaing di pasar internasional.

“Hari ini kita melihat satu kolaborasi antara artizen yang dikurasi oleh Warwick Purser di Omah Budaya. Ini mewakili unsur seni, kriya, fesyen, kuliner dan beberapa produk-produk kita yang dikemas dengan sangat apik, siap untuk masuk ke pasar internasional,” kata Sandiaga di Omah Budaya Tembi, Jumat 8 Oktober 2021.

“Dan saya lihat ada dua pilar, yaitu UMKM dan kewirausahaan yang menjadi penopang penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Rebranding Yogya: YK-The City of Creative

Atas pencapaian tersebut, Sandiaga kembali menyampaikan terima kasih. Semangat yang ditunjukkan Warwick dan masyarakat diharapkannya dapat memulihkan kembali sektor parekraf pada masa pandemi Covid-19.

dok. Kemenparekraf
dok. Kemenparekraf

“Saya ucapkan terima kasih Pak Warwick, Omah Budaya ini akan kembali dibuka dan kita lagi lihat bagaimana dampak pada kebangkitan dan kepulihan pariwisata dan ekonomi kreatif kita,” ujar Sandiaga.

“Mudah-mudahan ini jadi awal dari kebangkitan pascapandemi, sehingga pariwisata kita semakin berkualitas dan membuka peluang usaha dan lebih banyak lapangan kerja,” jelasnya.

Kehadiran Sandiaga Uno yang berkunjung langsung ke Omah Budaya disambut gembira Warwick. Dia mengaku beruntung dapat menyapa sekaligus mengajak Sandiaga berkeliling Omah Budaya.

“Terima kasih kembali untuk Bapak Menteri yang sudah berkunjung langsung ke Omah Budaya. Dengan kehadiran bapak kami berharap pariwisata akan kembali pulih dan membawa keberkahan bagi masyarakat,” kata Warwick.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.