Nataru, KAI Daop 6 Layani Pelanggan Sesuai Protokol Kesehatan

Ilustrasi. (dok. PT KAI Daop 6 Yogyakarta)
Ilustrasi. (dok. PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

seputarjogja.id, Yogyakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar masa Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) mulai 17 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2022. Hingga hari ke-4 masa Angkutan Nataru, Senin (20/12), tercatat 51.789 penumpang naik dan 47.519 turun KA di wilayah Daop 6 Yogyakarta atau rata-rata 12 ribu penumpang naik dan 11 ribu penumpang turun per harinya.

“Setiap harinya, ada 30 KA Jarak Jauh keberangkatan dan kedatangan Daop 6 serta ada 38 KA Jarak Jauh yang melintas di wilayah Daop 6 Yogyakarta serta 32 perjalanan KA Lokal. Selain itu, disiapkan juga 8 KA Tambahan yang terdiri dari 4 KA Tambahan relasi Solo-Gambir PP dan 4 KA Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir PP,” kata Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, dalam siaran pers dikutip Rabu 22 Desember 2021.

Bacaan Lainnya

Supriyanto menyampaikan bahwa KAI Daop 6 memastikan hanya pelanggan yang benar-benar sesuai ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada masa pandemi Covid-19 ini. Pemeriksaan akan dilakukan oleh petugas di stasiun. Pelanggan yang tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, tiketnya akan dibatalkan dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan.

KAI terus mengingatkan pelanggan untuk memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal perjalanan menggunakan kereta api di masa Natal dan Tahun Baru 2022 ini seperti vaksin bagi pelanggan di usia di atas 12 tahun serta hasil negatif Rapid Test Antigen maupun PCR.

“Terutama untuk keberangkatan 24 Desember 2021-2 Januari 2022 sesuai SE Kemenhub Nomor 112 Tahun 2021, pelanggan di atas 17 tahun harus sudah divaksin dosis lengkap dan pelanggan di bawah 12 tahun harus menunjukkan hasil negatif PCR yang berlaku 3×24 jam,” ujar Supriyanto.

Tiket Kereta Api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 sudah dapat dipesan oleh masyarakat melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Pada masa Nataru ini, jajaran pegawai KAI dari Direksi hingga petugas di lapangan juga membuka posko di berbagai daerah untuk memastikan pelayanan berjalan dengan lancar, protokol kesehatan diterapkan secara disiplin, dan memastikan sarana dan prasarana kereta api dalam kondisi yang andal.

“KAI akan terus memantau mobilitas masyarakat pada moda transportasi kereta api dan akan menyediakan layanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat selama masa Natal dan Tahun Baru 2022,” tutup Supriyanto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *