Panglima TNI Kunjungi Gubernur DIY di Kepatihan

dok. Humas Pemda DIY
dok. Humas Pemda DIY

seputarjogja.id, Yogyakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengunjungi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Pertemuan berlangsung di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

“Sebetulnya kita ini hanya mencari pengalaman dan tukar pengalaman di dalam berproses selama ini. Beliau (sebagai) Panglima, saya Gubernur. Hanya dialog saja dari pengalaman-pengalaman, ya ada jokes, bisa rumah tangga, bisa budaya, ya bisa semua aspek kita obrolin untuk menghilangkan beban stres. Toh kita hari ini tidak ada acara ya ngobrol saja,” ungkap Sri Sultan usai pertemuan, Jumat 31 Desember 2021.

Bacaan Lainnya

Pembicaraan berlangsung cukup lama, sekitar tiga jam. Pertemuan kali ini merupakan pertemuan pertama keduanya usai Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa menjabat sebagai Panglima TNI sejak 17 November 2021 lalu.

Terkait keamanan DIY, Sri Sultan menegaskan jika kondisi DIY saat ini relatif baik. Sri Sultan pun berharap sinergi pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam upaya membangun ketertiban wilayah bisa terus berjalan.

“Sebetulnya kita punya kesempatan yang sama untuk berkoordinasi. Semoga saja di tahun depan kondisinya bisa jauh lebih baik. Di Jogja ini ya memang adem ayem tentrem, tidak perlulah ada kekuatan-kekuatan lain seperti api dalam sekam. Rumangsane masyarakat (DIY) tidak peduli, ternyata itu salah, masyarakat sebenarnya peduli, hanya saja pada konteks diam,” imbuh Sri Sultan.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan maksud kedatangannya kali ini karena belum pernah berjumpa semenjak menjadi Panglima TNI. Dan kebetulan, dirinya sedang memiliki kegiatan di DIY, yakni melihat langsung progres vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun, sehingga meminta izin bisa sekaligus bertemu dengan Sri Sultan.

“Saya mohon waktu kali ini untuk bertemu dan bertanya banyak. Sebetulnya bukan hanya tentang pandemi, kalau itu udah jelas bagian dari percakapan kita. Tapi yang lebih banyak lagi justru mendengar pengalaman sebagai senior yang sudah berpengalaman dalam pemerintahan, yang pasti juga akan berguna bagi saya,” ungkapnya.

Menurut Andika, dari pembicaraan hari ini, banyak pelajaran yang dipetiknya dari pengalaman maupun ilmu yang dikuasai Sri Sultan, baik sebagai praktisi maupun senior. Terkait jelang tahun baru 2022, Andika mengungkapkan harapannya agar semua hal bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Dari segi saya sebagai Panglima TNI, kita juga berharap bahwa kinerja dari TNI akan semakin baik di 2022,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.