Paus Pilot 4 Meter Mati Terdampar di Pantai Glagah

dok. SRI Wilayah 5
dok. SRI Wilayah 5

seputarjogja.id, Kulon Progo – Seekor paus pilot sirip pendek (short fin pilot whale) ditemukan mati terdampar di kawasan Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ukuran tubuh mamalia laut itu panjang lebih dari empat meter.

Bangkai paus pilot sirip pendek ditemukan mati terdampar di Pantai Glagah pada Senin (17/10) pagi.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, paus pilot itu sempat terdampar di kawasan pemecah gelombang Tanjung Adikarto, Karangwuni, Kulon Progo, dalam kondisi masih hidup pada Minggu (16/10) sekitar pukul 10.40 WIB.

“Pada Minggu anggota Satlinmas Rescue Istimewa menerima informasi dari pemancing dan langsung menuju lokasi. Ikan terlihat ada luka di perut dan tertancap semacam duri ikan cukup panjang,” tulis akun Instagram Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 5, dikutip pada Selasa (18/10/2022).

Duri yang menancap di tubuh paus pilot itu kemudian dikeluarkan dan paus pilot dievakuasi kembali ke perairan. Butuh usaha ekstra karena paus pilot kembali lagi terdampar.

“Anggota melakukan evakuasi mendorong ikan kembali ke laut, namun kembali lagi, dan terus didorong ke laut melalui muara Kali Serang. Hingga lima kali lebih evakuasi ke laut akhirnya bisa kembali ke laut,” jelasnya.

Kemudian pada Senin (17/10) sekitar pukul 06.00 WIB petugas mendapat informasi adanya ikan besar warna hitam terdampar di pantai tepatnya selatan jalan rusak jalur Glagah-Congot.

“Dari ciri dan ukuran ini adalah mamalia laut yang terdampar pada Minggu di timur pemecah ombak Karangwuni. Selanjutnya koordinasi dengan BKSDA Yogyakarta,” terangnya.

Hasil pemeriksaan BKSDA, paus pilot sirip pendek tersebut ukuran panjang 470 cm, berat sekitar lebih dari 250 kg. Penyebab mati masih diuji lab oleh BKSDA, namun terlihat dari tubuh paus terdapat luka bekas duri. Bangkai kemudian dikubur oleh petugas gabungan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.