Pelestarian Satwa GL Zoo: Orang Utan Melahirkan-Penguin Menetas

  • Whatsapp
Orang utan di GL Zoo (dok. GL Zoo)
Orang utan di GL Zoo (dok. GL Zoo)

seputarjogja.id, Yogyakarta – Di tengah pandemi Covid-19, Gembira Loka (GL) Zoo tetap serius merawat satwa koleksinya. Selama 2021, kebun raya dan kebun binatang di Kota Yogyakarta itu berhasil melestarikan satwanya, seperti orang utan melahirkan hingga penguin menetas.

Direktur Utama GL Zoo KMT A Tirtodiprojo menyebutkan sejumlah kelahiran satwa koleksinya di tahun ini, seperti orang utan pada awal Juni lalu, menetaskan penguin, burung bayan dan kakatua. Juga kedatangan satwa baru yakni singa Afrika dan meerkat.

Bacaan Lainnya

“Saking serius dalam merawat satwa, Gembira Loka berhasil melestarikan satwa, baik yang dilindungi maupun satwa tidak dilindungi,” kata Joko, sapaan akbrab Tirtodiprojo, saat membacakan sambutan tertulis Ketua Yayasan GL Zoo GBPH Yudhaningrat MM dalam peringatan ulang tahun ke-68 GL Zoo, Rabu 10 November 2021.

Peringatan ulang tahun kali ini hanya diikuti pimpinan dan pengurus Yayasan GL Zoo tanpa menyertakan karyawan. Ini untuk menghindari terjadinya kerumunan.

“Kami tidak ingin terjadi klaster baru penularan Covid. GL Zoo tetap patuh melaksanakan prokes,” ucap Joko.

Ulang tahun ke-68 GL Zoo sekaligus memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN). Ditandai dengan penyerahan tumpeng buah-buahan dari Direktur GPH Wijoyo Harimurti kepada perawat satwa. Untuk selanjutnya tumpeng berisi buah-buahan diberikan pada satwa di kebun binatang.

dok. GL Zoo
dok. GL Zoo

Dalam acara yang dilaksanakan secara sederhana itu, GL Zoo juga memberikan penghargaan dengan penyematan pin kepada enam karyawannya yang telah mengabdi lebih 25 tahun. Selain itu diserahkan SK purna bakti kepada tiga karyawan yang telah memasuki usia pensiun, serta mengangkat tiga karyawan tetap.

Joko menambahkan, tingkat kunjungan di GL Zoo kian membaik. Untuk kunjungan harian sudah mencapai 60-70 persen, sementara saat akhir pekan hanya antara 30-40 persen.

“Rupanya wisatawan lebih banyak memilih berkunjung ke Gembira Loka pada hari-hari biasa. Mungkin mereka lebih merasa aman dan nyaman saat hari biasa,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *