Pemkot Yogya: Wisatawan ke Malioboro Wajib Vaksin

  • Whatsapp
Jalan Malioboro (dok. Pemda DIY)
Jalan Malioboro (dok. Pemda DIY)

Yogyakarta, seputarjogja.id – Untuk mengurangi jumlah kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta terutama di tempat wisata seperti Malioboro, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah mempersiapkan beberapa aturan bagi wisata yang ingin mengunjungi tempat wisata tersebut.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan bahwa Pemkot Yogya beberapa waktu lalu telah mencanangkan Stasiun Yogyakarta dan kawasan Malioboro sebagai tempat wajib memakai masker dan wajib vaksin.

Bacaan Lainnya

“Itu artinya bagi wisatawan yang akan masuk tempat tersebut wajib menggunakan masker dan wajib sudah vaksin,” kata Heroe, Senin 23 Agustus 2021, seperti dalam siaran pers humas Pemkot Yogyakarta dikutip Rabu 25 Agustus 2021.

Sementara bagi wisatawan yang belum divaksin, lanjutnya, nanti ada petugas yang akan mengarahkan agar wisatawan tersebut melakukan vaksin di gerai vaksinasi terdekat.

“Untuk vaksin akan kami cek juga kepada pengunjung, kalau belum nanti akan diarahkan ke KAI karena ini kerja sama juga dengan mereka,” jelasnya.

Kepala UPT Cagar Budaya Pemkot Yogyakarta, Ekwanto, menambahkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi akan dilakukan pengecekkan di pintu masuk.

“Pengecekan dimulai di pintu masuk, penjagaan akan dilakukan maksimal karena Malioboro punya 11 pintu masuk,” kata Ekwanto.

Pihaknya pun akan melibatkan puluhan petugas Jogoboro bila nantinya Malioboro kembali dibuka.

“Petugas ini akan mengecek kelengkapan pengunjung berupa surat keterangan bebas Covid-19 dan juga kartu vaksin,” jelasnya.

Selain petugas Jogoboro, pengawasan di kawasan Malioboro juga dibantu oleh personel dari Satpol PP, kemantren, kepolisian, dan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *