Taman Pintar Yogya Dipilih Kemenparekraf Uji Coba Pembukaan

  • Whatsapp
dok. Taman Pintar Yogya
dok. Taman Pintar Yogya

Yogyakarta, seputarjogja.id – Taman Pintar Yogyakarta siap melakukan uji coba pembukaan tempat wisata. Berbagai persiapan terus dilaksanakan, selain sarana prasarana juga pemantapan aspek Cleanliness Health Safety Environment Sustainbility (CHSE). Hal itu disampaikan Kepala Seksi Pemasaran dan Kerjasama Taman Pintar, Karmila, Kamis (9/9).

“Taman Pintar sudah siap melaksanakan uji coba pembukaan layanan destinasi wisata, namun saat ini masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait kesiapan yg harus dipenuhi, khususnya untuk mendaptkan QR code PeduliLindungi yang wajib dimiliki dan menjadi syarat bagi pengunjung yang akan masuk ke destinasi di Kota Yogyakarta,” jelasnya, seperti dalam siaran pers Humas Pemkot Yogyakarta dikutip Jumat 10 September 2021.

Bacaan Lainnya

Dari sekian destinasi wisata, Taman Pintar terpilih menjadi salah satu 20 destinasi wisata outdoor se-Jawa yang akan diuji coba pembukaan di daerah yang berstatus PPKM level 3.

”Kesiapan untuk SOP kunjungan sesuai prokes sudah ada dan dari sisi sarpras juga terus ditingkatkan agar sesuai standar CHSE,” ujarnya.

Karmila menjelaskan, nantinya ada syarat khusus bagi pengunjung yang akan datang ke Taman Pintar. Akan ada QR code PeduliLindungi dengan mendeteksi usia minimal 12 tahun ke atas.

“Syarat masuk ditentukan Kemenparekraf, misal pengunjung harus scan QR code PeduliLindungi, dari sisi usia juga minimal 12 tahun, dan layanan sesuai prokes,” imbuhnya.

Tak hanya itu, pengunjung juga akan mengikuti kebijakan One Gate System atau satu pintu masuk bagi bus pariwisata.

“Pengunjung akan diarahkan melalui satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Di pintu masuk akan ada screening mulai dari scan QR code, pengecekan suhu, cuci tangan, dan baru pengunjung boleh masuk ke area Taman Pintar,” jelasnya.

Ia berharap ke depannya Taman Pintar segera membuka layanan destinasi wisata dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Harapannya, Taman Pintar dapat segera membuka layanan dengan penerapan prokes yang baik sebagaimana yang sudah dilakukan ini. Namun Taman Pintar tetap mengikuti arahan dari pihak yang berwenang dalam kebijakan uji coba pembukaan destinasi di masa pandemi ini,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *