UGM Tanam 1.000 Bibit Kopi Robusta di Gunung Gambar

  • Whatsapp
dok. UGM
dok. UGM

seputarjogja.id, Gunungkidul – Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan program penanaman 1.000 bibit kopi di Gunung Gambar, Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Program tanam pohon yang dilaksanakan belum lama ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat Departemen Budidaya Pertanian UGM. Dalam kegiatan itu dilakukan penanaman 1.000 bibit kopi robusta propelegitim BP42x358 dan hibiro. Selain itu, turut ditanam bibit buah-buahan dan beringin.

Bacaan Lainnya

Ketua tim pengabdian Departemen Budidaya Pertaniam UGM, Ir. Supriyanta, MP., menjelaskan rintisan pengabdian di Gunung Gambar ini sudah dimulai sejak 2018 dengan penanaman tanaman kopi, sebelum pada tahun 2021 ditingkatkan menjadi Program Desa Mitra Dampingan Departemen Budidaya Pertanian.

“Pemilihan kopi robusta ini disesuaikan dengan kondisi lahan dan ketinggian tempat,” tuturnya dalam rilis yang diterima, Jumat (12/11), dikutip Selasa 16 November 2021.

Ketua Departemen Budidaya Pertanian, Rani Agustina Wulandari, Ph.D., menyampaikan terima kasih kepada pihak Panewu Ngawen, Lurah Kampung beserta masyarakat Gunung Gambar yang telah bekerja sama meyukseskan program penanaman pohon. Langkah tersebut merupakan upaya menghijaukan Gunung Gambar dan sekitarnya dengan tanaman produktif untuk konservasi lahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

dok. UGM
dok. UGM

Sementara Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Rudi Hari Murti, menyampaikan bahwa Fakultas Pertanian telah mempunyai MoU dengan Kapanewon Ngawen dalam kegiatan tridarma perguruan tinggi. Dengan begitu, kegiatan tidak hanya terbatas pada persoalan pengabdian saja. Namun, kerja sama dapat diperluas lagi baik untuk pembelajaran mahasiswa (merdeka belajar kampus merdeka) dan juga penelitian dosen/mahasiswa.

Pada kegiatan penanaman pohon tersebut dihadiri oleh Penewu Ngawen, Soegito, S.H. , M.H. , Lurah Kampung, Suparna, S.E., Kadus Gunung Gambar, Suharmi, Kadus Pringombo, Ris.

Panewu Ngawen menyampaikan ucapan terima kasih dipilihnya Gunung Gambar dan sekitarnya sebagai lokasi pengabdian dan pendampingan. Ia berharap kegiatan ini tidak berhenti pada penanaman pohon saja, tetapi ada pendampingan secara kontinu hingga saat panen. Di samping itu, diharapkan juga dapat untuk meningkatkan destinasi wisata di Wonosari sisi utara yang mempunyai pemandangan mempesona.

Penanaman pohon mendapatkan respons yang cukup positif dari warga. Selain warga setempat, kegiatan tanam pohon juga didukung oleh banyak komunitas antara lain Resan Gunungkidul dan SeTan (sedulur tandur) Wonogiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *