Vaksinasi Tahap I, Bantul Terima 10.764 Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19. (dok. Setpres)
Vaksin Covid-19. (dok. Setpres)

Bantul, seputarjogja.id – Sebanyak 10.764 dosis vaksin Covid-19 sinovac diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Vaksin tersebut didistribusikan dari Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (26/1).

Dalam siaran pers Pemkab Bantul, Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja mengatakan, sesuai jadwal vaksinasi Covid-19 tahap I di Bantul akan dimulai hari Kamis (28/1) di RSUD Panembahan Senopati. Dengan peserta 5.382 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bantul.

Bacaan Lainnya

“Hingga hari ini, tercatat sudah ada 5.765 tenaga kesehatan yang mendapat e-tiket vaksinasi dari yang diajukan sebesar 6.695 tenaga kesehatan,” kata Agus, Selasa 26 Januari 2021.

“Sesuai dengan petunjuk teknis pusat, pelaksanaan vaksinasi tahap berikutnya diperuntukkan bagi pelayan publik serta para lanjut usia di atas 60 tahun, walaupun hingga saat ini masih dilakukan penelitian terkait keamanan vaksin bagi para lanjut usia di atas 60 tahun,” lanjutnya.

Juru Bicara Pengelolaan Vaksin COVID-19 Bantul, dr. Abednego Dani Nugroho, mengatakan secara teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan melalui empat langkah. Yaitu yang pertama registrasi peserta penerima vaksin. Kemudian yang kedua akan dilakukan screening kondisi fisik terkini.

Apabila peserta sedang sakit, maka peserta harus datang kembali dalam tiga hari kemudian. Jika tidak, peserta akan diarahkan pada langkah ketiga, yakni vaksinasi. Langkah keempat peserta akan diawasi selama 30 menit guna mengantisipasi adanya efek samping.

“Di meja keempat, peserta akan diawasi selama 30 menit, apakah ada kejadian-kejadian yang berbahaya yang terjadi setelah divaksinasi. Jika tidak, peserta diperbolehkan pulang,” jelas dr. Abednego.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.